Makanya mbak, jangan asal menghancurkan pekerjaan orang lain
Untuk menilai performa setiap mitra kerja mereka di lapangan, perusahaan ojek online membuat yang namanya sistem rating. Jadi, kalau driver ojol mendapat bintang 5 terus, maka artinya performanya baik. Tapi, kalau dia sering mendapatkan bintang 3 atau bahkan bintang 1 dengan komentar jelek, maka perusahaan akan langsung mereview performa driver yang bersangkutan.
Makanya, bagi driver ojol rating ini udah bagaikan nyawa mereka. Sialnya, customer banyak yang tak menyadari hal ini dan akhirnya memberikan rating seenak jidat. Ada yang memberikan rating jelek hanya karena masalah sepele. Seperti seorang wanita yang bernama Keysha berikut ini. Kisahnya tengah viral karena memberikan rating jelek kepada seorang driver ojol karena masalah remeh.
Mulanya, Driver ojol yang bernama Jumbadi ini bertanya kepada Keysha apakah dia memberikan rating jelek? Soalnya berdasarkan penilaian aplikator, dia mendapat rating jelek di tanggal saat menerima orderan dari Keysha. Dengan santai, Keysha membenarkan hal itu dan mengatakan bahwa biasanya memang dia hanya memberikan bintang 1 sampai bintang 3 kepada setiap driver yang dia tumpangi.
Nggak ada alasan khusus. Pekerja di sebuah tempat karaoke ini mengaku tak membeda-bedakan driver ojol dan tak mau memberikan rating tinggi. Kalau menurutnya pelayanan driver jelek, maka dia akan memberi bintang 1. Kalau pelayanannya bagus, maka dia akan memberi bintang 3.
Hal ini tentu saja membuat driver tersebut menjadi gusar karena penilaian rating benar-benar diperhatikan oleh aplikator. Gara-gara rating dari Keysha itu, kemitraannya diputus dan dia kini tidak tau harus bagaimana lagi mencari nafkah. Padahal, saat mengangkut Keysha dia udah merelakan tak menarik ongkos sama sekali lantaran tak punya uang kembalian. Ternyata, air susu malah dibalas dengan air tuba.
Namun, Keysha tak peduli sama sekali dan malah menganjurkan kepada Jumbadi untuk melamar kembali pakai akun palsu. Usut punya usut, ternyata Jumbadi bukanlah korban pertama Keysha. Sudah ada beberapa driver ojek lainnya yang kehilangan pekerjaan karena rating jelek dari Keysha. Cerita ini kemudian viral dan menuai beragam kecaman pedas dari netizen.
''Sumpah mbaknya di chat definisi orang gatau diri dan sombong.. kalo seneng nyusahin orang lain biasanya ga tenang hidupnya. Semoga ini jadi pintu pembuka rezeki bapak drivernya. Aamiin.'' tulis pemilik akun @kochenglokal.
''dulu aku pernah diposisi mbaknya ngasih bintang 3 itu udah paling banyak. Dan semenjak temen-temen aku banyak yang sampingan jadi ojol, dan aku dijelasin. Sekarang bintang 3 itu justru udah paling dikit, lebih sering 4/5. Btw semoga ini menjadi pintu rezeki buat bapaknya ya :")'' komentar @NurmanNawi.
''Seenak udelnya kasih rating suka-suka, ditanya baik-baik malah songong. Dia ternyata emang sering gitu ke driver-driver..'' ungkap akun @Decita89.
Namun, karma memang tak pernah salah alamat. Setelah viral kisah Keysha ini, usaha karaoke tempatnya bekerja langsung memecat Keysha. Dia juga telah membuat surat pernyataan yang berisi permintaan maaf kepada driver ojol karena ulahnya menyebabkan mereka kehilangan pekerjaan. Beruntung, perusahaan ojek online itu bersedia menerima kembali Jumbadi yang sebelumnya diputus kemitraan.
Menjadi manusia itu bertenggangrasalah sedikit. Jangan jadi orang brengsek dan tidak punya hati banget. Kalau bisa sedikit membantu orang lain, bantulah. Kalaupun tidak bisa membantu, ya setidaknya jangan malah menghambat rezekinya. Ntar karma yang mendatangimu lebih pedih lagi kayak yang dialami Keysha ini.
Komentar
Posting Komentar